Tuesday, December 11, 2012

Laporan Perjalanan KA Malioboro Ekspress (Malang - Yogyakarta)

KA 7019 Malioboro Ekspress, Malang - Yogyakarta, 5 Desember 2012

KA Malioboro Ekspress tersedia di jalur 1 Stasiun Malang, dengan stamformasi: lokomotif CC20424, gerbong Bagasi, kereta ekonomi AC 1, 2, 3, kereta makan bisnis (KMP2), eksekutif 1, 2, 3, gerbong Pembangkit.

KA Malioboro Ekspress

Lokomotif CC20424

Bergegas saya menuju ke kereta ekonomi AC 2, di dalam kereta sangat sepi penumpang.
Interior K3 - 0 11 08

Tepat pukul 08.30 KA Malioboro Ekspress diberangkatkan dari jalur 1 Stasiun Malang.

Baru sepetak berjalan, KA Malioboro harus berhenti di Stasiun Malang Kota Lama untuk bersilang dengan KA 32 Gajayana. Momen persilangan bisa dilihat di video akhir postingan.
Di peron luar stasiun Malang Kota Lama terdapat KA Ketel (BBM)


Pukul 08.49 KA Malioboro diberangkatkan dari Stasiun Malang Kota Lama.

Pukul 09.17 - 09.19 berhenti Stasiun Kepanjen, bertemu dengan KA 114 Matarmaja, yang saat itu telat parah.

Stasiun Kepanjen

K3 berkode ML, menandakan KA tersebut KA Matarmaja

Pukul 09.34 berjalan langsung Stasiun Ngebruk, bersilang dengan KA 94L Majapahit, yang telat parah bernasib sama dengan KA Matarmaja. Momen persilangan bisa dilihat di video akhir postingan.

Berhubung lapar saya pun memesan nasi rames.
Nasi rames seharga Rp. 20.000 ini lumayan rasanya.




Pukul 10.42 - 10.43 berhenti Stasiun Garum, bertemu dengan KA Penataran.


Pukul 10.55 - 11.00 berhenti Stasiun Blitar, bertemu dengan KA Penataran-Dhoho.

Buntut KA Penataran-Dhoho

Stasiun Blitar

Pukul 12.19 - 12.22 Berhenti Stasiun Kediri

Pukul 12.49 - 12.52 Berhenti Stasiun Kertosono

Pukul 13.35 berjalan langsung Stasiun Caruban, bersilang dengan KA Logawa.

Pukul 13.52 - 13.58 berhenti Stasiun Madiun.
Di jalur 3 terdapat KA Ketel (BBM)

Pukul 14.07 berjalan langsung Stasiun Barat, bersilang dengan KLB tes run PPCW.

Pukul 14.18 - 14.20 berhenti Stasiun Paron.

Pukul 14.56 - 15.09 berhenti Stasiun Masaran, bersilang dengan KA 6 Argo Wilis.

Pukul 15.27 - 15.31 berhenti Stasiun Solo Balapan.

Pukul 15.37 berpapasan dengan KLB Kricak di Petak Purwosari - Gawok.
Momen Papasan bisa dilihat di video di akhir postingan.

Pukul 15.56 Berjalan langsung Stasiun Klaten, menyusul KA 213 Prambanan Ekspress.
Momen Susulan bisa dilihat di video, di akhir postingan.

Pukul 16.06 berpapasan dengan KA 10 Argo Dwipangga di petak Srowot - Brambanan.
Momen Papasan bisa dilihat di video di akhir postingan.

Pukul 16.11 berpapasan dengan KA 84 Sancaka Sore di Maguwo.
Momen Papasan bisa dilihat di video di akhir postingan.

Pukul 16.17 Tiba di Stasiun Yogyakarta, lebih cepat 2 menit dari jadwal.
Memasuki Stasiun Tugu Yogyakarta

Bersiap untuk langsir

Overall perjalanan cukup nyaman, dan KA sangat tepat waktu.

Video Joyride Malioboro Ekspress

Saturday, December 8, 2012

Laporan Perjalanan KA Argo Muria (Gambir - Semarang Tawang)

KA 14 Argo Muria, Gambir - Semarang Tawang, 29 November 2012

KA 14 Argo Muria sudah tersedia di jalur 4 Stasiun Gambir, dengan stamformasi: lokomotif CC20341, gerbong pembangkit, eksekutif 1, 2, 3, kereta makan, eksekutif 4, 5, 6, & 7.



Kondisi okupansi penumpang tidak terlalu penuh karena memang pas hari kerja, hanya eksekutif 1 - 3 yang terisi penuh, sedangkan eksekutif 4 & 5 terisi setengah, eksekutif 6 & 7 kosong.
Seharusnya saya mendapat kereta eksekutif 1, berhubung kereta belakang banyak yang kosong, saya pindah ke eksekutif 5.


Kondisi interior cukup baik dengan kursi empuk berwarna biru, AC dingin, ada meja lipat. Sayangnya pintu otomatis tidak berfungsi, sehingga harus dibuka tutup secara manual.



Tetap pukul 07.30 KA Argo Muria diberangkatkan dari Stasiun Gambir.
Di Gondangdia sempat berpapasan dengan rangkaian KA 10 Argo Dwipangga yang menuju Gambir.
Awal perjalanan agak kurang lancar, karena sempat beberapa kali ditahan sinyal.
Pukul 07.43 Sempat berhenti di Stasiun Manggarai, tampaknya lalu lintas KRL lagi cukup padat, sehingga KA 14 harus ditahan sinyal. Setelah berhenti selama 3 menit, KA 14 berjalan lagi.

Stasiun Manggarai

Pukul 07.47 Berpapasan dengan KA 19 Argo Parahyangan di tikungan Jatinegara atau di dekat dipo lokomotif.
Selepas Jatinegara, KA 14 mulai melaju kencang.
Pukul 08.04 berpapasan dengan KA 15 Argo Jati di petak Cakung - Kranji.
Pukul 08.09 berpapasan dengan KA Parsel di petak Bekasi - Tambun.
Pukul 08.26 berpapasan dengan KA 61 Cirebon Ekspress di petak Lemahabang - Kedunggedeh.
Pukul 08.34 berpapasan dengan KA 113 Matarmaja di Karawang.
Pukul 08.38 berpapasan dengan KA 24 Argo Parahyanagan di petak Karawang - Klari.

Perut mulai keroncongan, menandakan saya harus memesan makanan, saya pun memesan nasi goreng

Nasi goreng ini rasanya cukup enak, sayang nasinya sedikit, dan harganya cukup mahal Rp. 23.000

Pukul 09.12 Berpapasan dengan KA 63 Cirebon Ekspress di petak Pringkasap - Pasirbungur.
Pukul 09.32 Berpapasan dengan KA 147 Tegal Arum di Haurgeulis.
Pukul 09.40 Berpapasan dengan KA 11 Argo Sindoro di Cilegeh.
Pukul 10.03 Menyusul KA 110L Menoreh di Jatibarang
Pukul 10.16 Berpapasan dengan KA 65 Cirebon Ekspress di petak Kertasemaya - Arjawinangun.

Pukul 10.32 tiba di Stasiun Cirebon

memasuki Stasiun Cirebon

Stasiun Cirebon


KA Argo Muria berhenti cukup lama, tiba - tiba ada pengumuman kalau terjadi gangguan di eksekutif 4, maka kereta eksekutif 4 akan dilepas, dan penumpang yang berada di eksekutif diminta untuk pindah ke eksekutif 6 yang kosong.
Tak berapa lama, KA 110L Menoreh yang tadi disalip di Jatibarang, berjalan langsung jalur 1 Stasiun Cirebon.
Pukul 10.50 dari arah utara masuk KA 10 Argo Dwipangga tujuan Solo Balapan. KA 10 masuk jalur 4 Stasiun Cirebon.
Setelah berhenti sekitar 5 menit, KA 10 diberangkatkan lagi.
Pukul 10.57 KA 7016 Gajahwong tujuan Yogyakarta berjalan langsung jalur 1 Stasiun Cirebon




KA 14 mulai langsir, untuk melepas kereta eksekutif 4.
K1-00238 yang troubel di tinggal di jalur 7

Pukul 11.09 KA 104 Sawunggalih Utama tujuan Kutoarjo berjalan langsung jalur 1 Stasiun Cirebon.


KA Argo Muria langsir lagi untuk menyambungkan seluruh rangkaian. Banyak penumpang yang keluar dan melihat proses penyambungan antar kereta. 
Sempat nguping dari beberapa penumpang, sepertinya kereta eksekutif 4 mengalami gangguan pada roda. Daripada dikhawatirkan anjlok, maka lebih baik dilepas.


Pukul 11.22 KA 14 Argo Muria diberangkatkan dari Stasiun Cirebon, setelah berhenti sekitar 1 jam.

Pukul 11.25 berjalan langsung Stasiun Cirebon Prujakan, disitu masih ada KA 104 Sawunggalih.

Pukul 11.33 berjalan langsung Stasiun Waruduwur bersilang dengan KA 109 Fajar Utama Semarang.
Pukul 11.43 berjalan langsung Stasiun Babakan bersilang dengan KA Barang 1000an
Pukul 11.49 berjalan langsung Stasiun Losari bersilang dengan KA Barang 1000an
Pukul 12.02 berjalan langsung Stasiun Bulakamba bersilang dengan KA Barang 1000an

Pukul 12.24 tiba di Stasiun Tegal
memasuki Stasiun Tegal

Di Jalur 3 ada KA Kaligung Mas


Pukul 12.30 KA Argo Muria diberangkatkan dari Stasiun Tegal.
Ternyata di jalur 4 ada KA Ketel yang lg stabling.
 KA Ketel dengan lokomotif CC20426

Pukul 13.15 - 13.27 Berhenti Stasiun Sragi, untuk bersilang dengan KA 1 Argo Bromo Anggrek. Momen persilangannya bisa dilihat di video di akhir postingan.

Pukul 13.37 - 13.42 Berhenti Stasiun Pekalongan.

Pukul 13.56 Berhenti sebentar di Stasiun Ujung Negoro, seharusnya disini persilangan antara KA 14 & KA 1.

Selepas Stasiun Kuripan mulai disuguhi pemandangan laut, sayang pembangunan jalur ganda agak mengganggu pemandangan. Video pemandangan laut juga bisa dilihat di video di akhir postingan.


Pukul 14.24 Berjalan langsung Stasiun Krengseng, bersilang dengan KA Tegal Ekspress tujuan Tegal.




Pukul 15.00 - 15.02 Berhenti di Stasiun Semarang Poncol.
Melewati Dipo Lokomotif Semarang Poncol, terdapat beberapa KRD seperti KRDE AC yang akan dipakai sebagai New Kaligung Mas yang diresmikan tanggal 1 Desember 2012.
KRDE AC New Kaligung Mas

Pukul 15.10 tiba di Stasiun Semarang Tawang.

memasuki Stasiun Semarang Tawang
Overall sebenarnya cukup nyaman, namun karena ada gangguan , jadi terlambat sekitar 1 jam deh.

Video Joyride Argo Muria


Tuesday, December 4, 2012

Laporan Perjalanan KA Taksaka Pagi (Gambir - Yogyakarta)

KA 40 Taksaka Pagi, Gambir - Yogyakarta, 25 Nopember 2012


Pukul 08.30 Dari arah utara, rangkaian KA 40 masuk Stasiun Gambir, rangkaian KA Taksaka 1 ini istirahatnya di Stasiun Jakarta Kota, berbeda dengan Taksaka 2 yang istirahat di Stasiun Manggarai.

Stamformasi KA 40: CC20405, P, 4K1, M1, 3K1, B




KA 40 Stabling di jalur 3

Tak berapa lama, KA Argo Jati masuk jalur 4 Stasiun Gambir.
Rangkaian KA Argo Jati
KA Argo Jati membawa kereta Nusantara
Kembali saya menuju KA 40, saya masuk ke kereta eksekutif 3
 Eksterior K1 - 0 02 30 YK

 Interior K1 - 0 02 30 YK

Kondisi kereta cukup nyaman, kursi empuk & AC dingin.

Tepat pukul 08.45 KA 40 diberangkatkan.

Pukul 08.47 Ls Gondangdia berpapasan dengan Rangkaian KA 2 Argo Bromo Anggrek

Pukul 08.53 menyusul KA 142 Serayu di sinyal masuk stasiun Jatinegara

Pukul 08.56 Ls Cipinang berpapasan dengan KA Parsel ONS

Pukul 09.07 LS Bekasi berpapasan dengan KA 21 Argo Parahyangan

Pukul 09.09 petak Bekasi - Tambun berpapasan dengan KA 91 Parsel biasa

Berhubung lapar, saya memesan Nasi Rames
harganya cukup mahal 23rb, rasanya lumayan lah


Pukul 10.02 petak Pabuaran - Pringkasap berpapasan dengan KA 147 Tegal Arum

Pukul 10.07 petak Pringkasap - Pasirbungur berpapasan dengan KA 11 Argo Sindoro

Pukul 10.47 petak Terisi - Telagasari berpapasan dengan KA Cirebon Ekspress

Pukul 10.50 petak Telagasari - Jatibarang berpapasan dengan KA Barang 1000an

Pukul 11.27 KA 40 memasuki Stasiun Cirebon


KA 40 di jalur 3 Stasiun Cirebon

KA 40 datang Cirebon terlalu cepat 5 mnt, sehingga ada waktu buat saya buat iseng - iseng motret.
Lokomotif CC2041103
Lokomotif D301

Pukul 11.39 KA Sawunggalih dari Kutoarjo berjalan langsung jalur 1 Stasiun Cirebon

Pukul 11.40 KA 40 Taksaka diberangkatkan dari Stasiun Cirebon.

Pukul 11.55 Ls Sindanglaut berpapasan dengan KA Semen

Pukul 12.19 - 12.29 Berhenti Stasiun Ketanggungan bersilang dengan KA 7145 Bogowonto.
Sayang di stasiun ini banyak anak kecil yang meminta - minta uang, sehingga saya agak risi, gagal deh mengabadikan persilangan dengan KA Bogowonto

Pukul 12.38 Berhenti Stasiun Larangan



Pukul 12.42 berjalan langsung KA 99 Fajar Utama dari Yogyakarta


Ternyata KA 40 masih belum berangkat juga, sepertinya nunggu bersilang 1 KA lagi.

Pukul 12.54 berjalan langsung KA 7 Argo Lawu (video persilangan bisa dilihat di video di akhir postingan)

KA 7 tampak dari kejauhan

Pukul 12.55 KA 40 diberangkatkan kembali.

Pukul 13.30 - 13.35 berhenti Stasiun Linggapura untuk bersilang dengan KA 39 Taksaka dari Yogyakarta.
video persilangan bisa dilihati di video di akhir postingan.

KA 39 tampak dari kejauhan

Pukul 14.15 - 14.22 Berhenti Stasiun Purwokerto
Hujan deras melanda

Pukul 15.10 - 15.12 Berhenti Stasiun Gombong

Pukul 16.42 Tiba di Stasiun Yogyakarta, terlambat 2 menit dari jadwal.


Video Joyride KA 40

Overall perjalanan cukup nyaman & tepat waktu. Mantap deh KA Taksaka.