Pukul 08.40 saya tiba di Stasiun Tugu Yogyakarta, kali ini saya melalui pintu selatan.
Pintu masuk Stasiun Tugu sebelah selatan
Masuk ke dalam melalui terowongan bawah tanah
Terowongan bawah tanah
Ternyata di jalur 4 masih ada KA Bogowonto yg belum diberangkat,
Pukul 08.45 KA 111 Bogowonto yg ditarik lokomotif CC20159 baru diberangkatkan, terlambat 1jam 15mnt dari jadwal aslinya 07.30
KA Bogowonto
Pukul 08.50 KA Argo Lawu datang dari Solo Balapan memasuki jalur 5.
KA Argo Lawu dengan lokomotif CC20408
Seneng bgt kebetulan ditarik lokomotif favorit saya.
Stamformasi: CC20408, BP, 4K1, M1, 3K1, B
semuanya K1 - 0 08 xx, sayangnya tidak memakai kereta makan Batik "Langlang Jagad", tp memakai M1 - 0 08 01.
Bergegas saya menuju K1 saya, K1-1, K1 - 0 08 03 SLO
eksterior
interior
Kondisi K1 sangat baik & nyaman, kursi empuk, AC dingin, guncangan alus, pintu otomatis, ada meja lipat, lampu gak silau.
Okupansi di K1-1 sangat sepi, hanya ada beberapa orang, tetapi di K1 laen cukup ramai, secara keseluruhan sekitar 60% lah
Pukul 08.56 KA Argo Lawu diberangkatkan.
Pukul 08.59 Berpapasan dengan KA 130 Logawa di petak Yogyakarta - Patukan.
Pukul 09.10 Berpapasan dengan KA 208 Prambanan Ekspress di petak Sentolo - Wates
melewati spot andalan daop VI yaitu Kalimenur
09.46 LS Kutoarjo
10.12 LS Kebumen menyusul KA 111 Bogowonto
Berhubung perut saya lapar, saya membeli nasi goreng yg ditawarkan pramugari.
Saya nasi goreng seharga 20rb yg saya makan, rasanya sangat tidak enak
Nasi Goreng Argo Lawu
Pukul 11.15 - 11.20 Purwokerto
Suasana Stasiun Purwokerto
Berhubung saya juga buat video, monggo kalo mau nonton,
Video ini mencakup petak Kebasen - Notog, Karangsari - Patuguran, Kretek - Bumiayu, dan Bumiayu - Linggapura.
video bordes KA Argo Lawu
Pukul 11.20 Berangkat Stasiun Purwokerto
Pukul 11.32 Berpapasan dengan KA 80 Purwojaya di petak Karanggandul - Karangsari.
KA Purwojaya
Pukul 11.55 Berpapasan dengan KA 134 Kutojaya Utara di petak Patuguran - Kretek
Pukul 11.58 - 11.59 Kretek
Stasiun Kretek
Ternyata menyusul KA Ketel di Kretek
KA Ketel
KA Argo Lawu berjalan pelan ketika hendak memasuki Linggapura,
ternyata KA 10 Argo Dwipangga sdh menunggu di Stasiun Linggapura.
KA Argo Dwipangga tampak dari kejauhan
Pukul 12.15 sempat ditahan sinyal masuk Stasiun Linggapura
Pukul 12.17 - 12.18 Linggapura, bersilang dengan KA 10 Argo Dwipangga yg sudah menunggu.
CC20301 KA 10 Argo Dwipangga
memakai Kereta Makan Batik
Pukul 12.18 Berangkat Linggapura.
sebelum Prupuk
Lepas Prupuk, KA Argo Lawu melaju kencang, LS terus, sepur lainnya pada minggir
12.42 LS Songgom, silang KA 7016 Gajah Wong
12.46 LS Larangan, silang KA 104 Sawunggalih
12.52 LS Ketanggungan, silang KA 40 Taksaka Pagi
13.28 Cirebon Prujakan, menyalip KA 99 Fajar Utama YK & KA Barang 100x
CC20316 KA Fajar Utama YK-PSE
KA Barang & FU YK
Pukul 13.30 - 13.36 Cirebon
13.37 Berangkat Cirebon, ternyata di jalur 6 tersedia KA 17 Argo Jati.
Lepas Cirebon, KA Argo Lawu melaju kencang, berpapasan dengan banyak KA, saya sempat tertidur beberapa saat, sehingga mungkin ada beberapa KA yg kelewatan tidak saya catat.
Pukul 13.46 Berpapasan dengan KA 66 Cirebon Ekspress di petak Cangkring - Bangoduwa
Pukul 13.47 Menyalip KA Barang 100x di Bangoduwa
Pukul 14.56 Berpapasan dengan KA 68 Cirebon Ekspress di petak Pringkasap - Pabuaran
Pukul 15.06 Berpapasan dengan KA 114 Matarmaja, sebelum masuk Stasiun Cikampek
Pukul 15.44 Berpapasan dengan KA 94 Senja Singosari di petak Cikarang - Tambun
Pukul 15.54 Berpapasan dengan KA Kertajaya di Kranji
Pukul 15.58 Berpapasan dengan KA Tegal Arum di petak Klender Baru - Buaran
Pukul 16.06 Berpapasan dengan KA 26 Argo Parahyangan sebelum masuk Stasiun Jatinegara
Pukul 16.06 - 16.07 Jatinegara, masuk JNG ontime, pdhal berangkat CN telat sktr 10mnt
Pukul 16.08 Berangkat Jatinegara
Melewati dipo lokomotif Jatinegara
Pukul 16.15 - 16.22 Gondangdia, ditahan cukup lama disini, kyknya GMR lg padat nih.
Pukul 16.24 Tiba di Gambir, telat 8mnt dari jadwal di tiket, harusnya bisa ontime sayangnya ditahan cukup lama di Gondangdia.
Tiba di Gambir
Penilaian saya terhadap KA 7 Argo Lawu:
Kereta (K1) : sangat baik & nyaman (AC Dingin, kursi empuk, guncangan halus, pintu otomatis berfungsi, tersedia meja lipat, colokan listrik berfungsi, lampu gak silau, sayang tidak tersedia majalah di setiap kursi)
Pelayanan : biasa aja sih untuk KA sekelas argo, sayang gak ada pengumuman tiap akan tiba/berhenti di stasiun.
Kebersihan : Cukup baik. Kebersihan toilet jg cukup baik.
Makanan : nasi goreng yg saya pesan tidak enak
Crew: lumayan lah.. Customer Service on train (Manager on duty) jg rajin mondar mandir kereta.
Ya secara keseluruhan cukup baik lah KA Argo Lawu, dr skala 1 -10, saya kasih nilai 8 lah
3 comments:
mnding itu ARGO LAWU
wah,tpi klo ARGO DWI PANGGA extra.bnyk klmhnya.mulai dari :
1.tv gx dinyalain
2. guncangannya terasa bgt
3. di st.cirebon mlh keselip KA BIMA,pdhal dtgnya duluan dwi pangga
4. tlat 2jam
mungkin crew nya kurang sigap. gerbong nya saja sudah yang retrofit.
argo sindoro
Post a Comment