Thursday, May 26, 2011

Mblusukan di Kebumen dan Seputar Ijo

19 Mei 2011

Pukul 6 pagi, saya bangun tidur terus mandi (cuma cuci muka sih :p). setelah selesai mandi, ganti baju, langsung cabut ke pinggir jalan untuk nyegat taksi, maklum waktunya terlalu mepet kalo buat naek bus :p. Ternyata di pinggir jalan sudah stand by taksi Pataga berwarna pink. Langsung saja saya naek taksi tersebut. dari kosan saya sampe stasiun tugu lumayan lah tarifnya sekitar 13rb, gak apa2 daripada ketinggalan kereta :p
Pukul 06.30 tiba di Stasiun Tugu Yogyakarta. Langsung bergegas menuju loket yg cukup panjang antriannya di bagian KA Prameks. Ealah antriannya panjang koq cuma 1 tok loketnya :capede. Setelah membeli tiket KA Prameks tujuan Kutoarjo seharga 9ribu rupiah, langsung saya masuk ke peron. Di jalur 2 stand by KA Sancaka tujuan Surabaya. Tak berapa lama kemudian dari arah barat masuk KA Prameks dari Kutoarjo tujuan Solo Jebres. Sambil menunggu kedatangan KA Prameks, saya membeli nasi gudeg bungkus seharga 7ribu, coba2 aja siapa tau rasanya enak :p

Pukul 06.40 masuk KA Prameks dari Solo tujuan Kutoarjo. langsung bergegas saya masuk, okupansinya tidak terlalu ramai, jadinya masih banyak tempat duduk yang kosong. Tepat pukul 06.45 KA diberangkatkan.

Pukul 07.45 KA Prameks tiba di Kutoarjo. Disitu sudah stand by di jalur 2 KA Kutojaya Selatan yg akan saya tumpangi. Saya membeli tiket dulu di loket, ternyata tarif KA Kutsel tujuan Kebumen dihitung full Kiaracondong :capede, gak apa2 lah toh "hanya" 19.500 rupiah. Setelah membeli tiket saya masuk ke dlam peron lagi. Memotret KA Kutsel, yg gak saya sangka2 adalah loko penariknya adalah CC201100, wow sering sekali saya ditarik ini lok, seperti soulmate saya aja ini lok wkwkwkwk :p.

CC201100 KA 173 Kutojaya Selatan

Pukul 08.00 masuk KA Logawa dari Purwokerto tujuan Jember.

CC20160 KA Logawa

Sambil menunggu keberangkatan KA saya, saya makan nasi gudeg yang tadi saya beli di stasiun tugu. Lumayan rasanya, lauknya ada ayamnya juga, nasinya jg cukup banyak.

Tepat pukul 08.25 KA Kutsel diberangkatkan dari jalur 2. Saya liat okupansi KA belum begitu ramai, masih banyak kursi yang kosong tapi saya memilih di bordes, karena Kutoarjo-Kebumen tidak terlalu jauh. KA sempat berhenti di Kutowinangun.

Dan akhirnya tiba di Kebumen pukul 09.00. Di Kebumen saya sudah berjanji dengan teman RF KM sebut saja Mbah Onie Van Spoor begitulah nama fesbuknya. Dia dan adiknya sudah menunggu di PJL sblh barat stasiun. Saya pun diajak trekking menuju Jembatan Renville (Kali Luk ulo), dan juga menyebrangi jembatannya. Walaupun tidak panjang tetapi cukup deg2an juga hahaha. Nongkrong2 sejenak sambil menunggu KA Fajar Utama YK-PSE.

Pukul 09.30 melintas lah KA Fajar Utama

KA Fajar Utama YK-PSE di Jembatan Renville

Setelah KA Fajar Utama melintas, kami kembali nongkrong2 sejenak sambil menunggu target selanjutnya KA 7 Argo Lawu (SLO-GMR). Pukul 10.15 melintaslah KA 7 Argo Lawu.

CC20301 KA 7 Argo Lawu

Setelah KA Argo Lawu melintas, kami bertiga trekking ke barat, ke arah stasiun Soka. Selanjutnya kami memutuskan untuk naek bus ke Gombong. Sampe di Gombong kami berganti bus, ke arah Ijo. Hingga akhirnya kami di Pjl barat stasiun Ijo, kebetulan saat itu PJLnya sedang tertutup tanda ada KA yang lewat, dan saat itu adalah jamnya KA 39 Taksaka Pagi (YK-GMR). Langsung kami mencari posisi untuk menjepret KA tersebut, dan ternyata KA tersebut sempat berhenti ditahan sinyal.

CC20408 KA 39 Taksaka

Berhubung jam KA berikutnya (Argo Wilis) cukup lama, kami memutuskan untuk menaik bukit di atas terowongan Ijo. Cukup terjal juga jalannya, selain banyak rumput ilalang, jalanannya cukup licin. Cukup lama kami menunggu KA Argo Wilis, yg sepertinya hari ini agak telat.

Pukul 12.37 melintaslah KA 6 Argo Wilis (BD-SGU)

CC20303 KA 6 Argo Wilis

Setelah KA 6 melintas kami memutuskan untuk turun ke bawah. Dan berjalan melintasi terowongan Ijo.

Tewowongan Ijo

Nampang dulu :p

Cukup berat juga menelusuri terowongan sejauh 580 km ini.. tantangan2annya: gelap, udara cukup pengap, dan jalannya becek. Untungnya saat melintas tidak berjumpa KA yang lewat.

Nyampe juga di luar, istirahat sejenak sambil menunggu KA 108 Fajar Utama (PSE-YK)

Pukul 13.28 nongol lah KA 108

CC20144 KA 108 Fajar Utama

Setelah KA 108 melintas, kami memutuskan untung melintasi terowongan Ijo lagi. Sialnya kali ini di tengah perjalanan kami berjumpa KA 150 Pasundan. Kami pun harus sembunyi di sleko.

Di dalam terowongan Ijo

Sampai lah di luar lagi, setelah menjalani tantangan yg cukup berat. Target selanjutnya yaitu KA 5 Argo Wilis (SGU-BD).

Pukul 14.05 nongol lah KA 5 Argo Wilis.

CC20306 KA 5 Argo Wilis

Setelah KA Argo Wilis melintas, kami memutuskan untuk berjalan ke arah stasiun. Tiba2 terdengar suara PJL tanda akan ada KA yang lewat. Pukul 14.15 melintaslah KA 76 Lodaya pagi (BD-SLO) dengan loko penarik CC20410 kebanggaan SMC.. Lho ini lok nyasar ke jalur selatan wkwkwk

CC20410 KA 76 Lodaya

Usai KA Lodaya lewat, kami mencari warung untuk membeli minum, setelah itu melanjutkan treking ke barat ke arah stasiun Tambak. Sempet juga menyebrangi jembatan, untungnya jembatannya pendek :p

Sampai akhirnya tiba di salah satu spot yang cukup bagus. Istirahat sebentar sambil menunggu KA 10 Argo Dwipangga. Pukul 14.41 melintaslah KA 10 Argo Dwipangga rangkaian pesawat dengan lokomotif penarik CC20409.

CC20409 KA 10 Argo Dwipangga

berturut2 kemudian pada pukul 15.13 melintas KA Kutojaya Utara tujuan Kutoarjo. Pukul 15.25 KA 40 Taksaka pagi (GMR-YK). Pukul 15.30 dari arah timur KA 149 Pasundan.

KA Kutojaya Utara

KA 40 Taksaka Pagi (GMR-YK)

KA 149 Pasundan (SGU-BD)

Setelah itu kami memutuskan untuk trekking lagi ke arah barat. Hingga menemukan PJL. Ternyata di sebelah barat PJL tersebut ada spot tikungan yang bagus, sayang arah matahari kurang mendukung.

Pukul 15.49 melintaslaha KA Sawunggalih Utama dari Pasar Senen tujuan Kutoarjo. sayang pencahaayaannya kurang baik, hasil fotonya jadi jelek :(

KA Sawunggalih Utama (PSE-KTA)

Berhubung sudah sore, kami memutuskan untuk pulang. Dari PJL di desa Buniayu, ternyata dekat dengan jalan raya. Dari situ kami menunggu bus, saya memutuskan naek Bus Patas tujuan Yogyakarta. Mbah Onie dan adiknya meninggalkan saya dengan naek bus menuju Kebumen. Setelah menunggu sekitar 30 menit, bus yg saya tunggu2 datang juga. Bus Patas Efisiensi Cilacap-Jogja dengan tarif 40rb rupiah gratis softdrink dan shuttle bus menuju kota Jogja. Pukul 20.00 tiba lah saya di Kota Jogja. maka berakhirlah perjalanan saya kali ini :D

1 comment:

Unknown said...

mas, aku izin save gambar untuk ditaro di blog ku boleh? tentunya saya cantumkan sumber. makasih, salam kenal mas. :))