Wednesday, May 25, 2011

Trip Report Argo Wilis (BD-YK)

KA 6 Argo Wilis

Bandung, 10 April 2011

Setelah selesai berjalan2 di kota Bandung, saya pulang menuju Yogyakarta dengan menggunakan KA Argo Wilis. Saya memilih KA ini karena saya ingin mencoba KA ini, soalnya untuk relasi Bandung-Jogja, KA ini termasuk belum pernah saya naiki, paling sering naik KA Lodaya dan sekali naik KA Turangga.

Setelah bangun pagi dan mandi (tidak lupa gosok gigi :p). Saya diantar kakak sepupu saya menuju Stasiun dari rumah kakak sepupu saya di daerah Cijerah. Berhubung Minggu pagi lalu lintas kota Bandung tidak terlalu ramai. Pukul 06.35 tibalah saya di Stasiun Bandung. Langsung saya masuk ke Stasiun. KA Argo Wilis sudah siap di jalur nomor 1.

CC201100 Argo Wilis

Stamformasi KA 6 Argo Wilis: CC201100, BP, 2K1, M1, 2K1, 1K1 (aling2)

Tak berapa lama kemudian terdengar pengumuman kalo KA Ekspress Malam Turangga tiba di Jalur 5. Langsung saya bergegas untuk memotret Turangga.

KA 37 Turangga (SGU-BD)

Pukul 06.42 dari arah timur masuk KRD Bandung Raya

KRD Bandung Raya

Pukul 06.53 dari arah timur masuk KRD Rencang Geulis, sayang gagal saya potret :(

Menjelang keberangkatan saya bergegas masuk ke Kereta. Okupansi saat itu cukup bagus sekitar 90-100%, maklum hari Minggu, lagian KA 6 jg pendek cm bawa 4 K1 :p

Interior K1-1, K1-98506 BD

Tepat Pukul 07.00 KA Argo Wilis diberangkatkan dari Jalur 1.
Pukul 07.10 sempat tertahan sinyal sebelum masuk Stasiun Kiaracondong.
Pukul 07.13 LS Stasiun Kiaracondong silang dengan KA ekonomi (gak tau KA apa :P)

Pukul 07.28 LS Stasiun Rancaekek silang dengan KRD Baraya Geulis dan KA Ekonomi
Pukul 07.50 berhenti Stasiun Nagreg. Berhenti sangat lama, bahkan saya sempat jalan2 untuk memotret KA Argo Wilis.

Argo Wilis di Stasiun Nagreg

Pukul 08.10 Akhirnya yg ditunggu datang juga, KA Malabar Ekspress yg tampaknya hari itu telat. Setelah Malabar berhenti di jalur 2, KA 6 diberangkatkan dari jalur 1.

KA Malabar

Pukul 08.20 Sempat berhenti sebentar di Stasiun Lebak Jero.

Stasiun Lebak Jero

Agak susah mencari bordes yg pas di KA 6 ini karena sudah dikuasai orang laen termasuk bule :p

Seorang bule yg asyik memotret pemandangan

Sepanjang perjalanan kita akan disuguhi pemandangan yang sangat indah melewati pegunungan dan jembatan yg sangat bagus.

Jembatan di petak Bumiwaluya - Cipeundeuy

Pukul 09.10 berhenti di Stasiun Cipeundeuy. Stasiun sakti dimana semua KA kelas apapun wajib berhenti di stasiun ini untuk pengecekan rem.

Suasana Stasiun Cipeundeuy (bonus prami :p)

KA Argo Wilis di Stasiun Cipeundeuy

Setelah selesai menjalani pengecekan dan pemeriksaan rem, KA 6 diberangkatkan kembali.

Pukul 10.00 berhenti di Stasiun Tasikmalaya. Berhenti sekitar 3 mnt, kemudian diberangkatkan kembali

Stasiun Tasikmalaya

Pukul 10.30 LS Stasiun Ciamis silang dengan KA Serayu

Pukul 10.50 berhenti di Stasiun Banjar. Setelah berhenti sekitar 5menitan, KA 6 diberangkatkan kembali.

Stasiun Banjar

Pukul 12.03 berhenti sebentar di Stasiun Kawunganten
Pukul 12.15 menyusul KA 150 Pasundan, gak tau di stasiun mana, kalo gak Jeruklegi / Lebeng, pokoknya sebelum Maos.

Pukul 12.30 berhenti di Stasiun Maos untuk bersilang dengan KA 75 Lodaya. Pukul 12.37 KA Lodaya memasuki jalur 3 Stasiun Maos. Setelah KA Lodaya berhenti, KA Argo Wilis diberangkatkan kembali dari jalur 2.

KA 75 Lodaya Pagi (Solo - Bandung)

Berhubung waktunya makan siang, saya memesan Nasi Rames. Enak ini nasi ramesnya, nasinya banyak, lauknya juga banyak.. mangstaab :D

Nasi Rames Argo Wilis

Pukul 12.50 berhenti di Stasiun Kroya, berhenti sekitar 3menitan, lalu diberangkatkan lagi.
Pukul 13.10 berhenti di Stasiun Sumpiuh. Saya kira akan silang sm Taksaka.. eh ternyata KA 107 Fajar Utama YK yg tampaknya telat sangat parah, DT pula CC20411 & CC20134.
Pukul 13.53 sempat ditahan sinyal sebelum masuk Stasiun Prembun, tampaknya akan bersilang dengan KA 5, dan menunggu KA 5 masuk spoor belok dulu. Pukul 13.55 LS Stasiun Prembun silang dengan KA 5.

KA 5 Argo Wilis (SGU-BD)

Pukul 14.05 Berhenti di Stasiun Kutoarjo, berhenti 3menitan lalu diberangkatkan lg.
Pukul 14.20 Berpapasan dengan KA Pasundan di petak Jenar - Wojo.
Pukul 14.35 Berpapasan dengan KA Semen sebelum Stasiun Wates.

Pukul 14.55 Akhirnya tiba juga di Stasiun Yogyakarta , terlambat sekitar 47 menit dari jadwal di tiket (14.08). Cukup banyak yg turun disini, cukup banyak pula yg naek.

KA 6 Argo Wilis di Stasiun Yogyakarta

Penilaian saya terhadap KA Argo Wilis
Kondisi Kereta (gerbong): AC dingin saat pagi hari, siang hari tidak terlalu dingin; kursi masih baik; pintu otomatis berfungsi; pengharum ruangan tidak berfungsi; meja tidak ada; goncangan cukup keras, TV (tabung) menyala.
toilet: bersih, wangi, air tersedia
Crew: KP ramah, prama/i ramah, polsuska biasa, OTC cukup baik (rajin membersihkan kereta & toilet)
makanan: nasi rames yg saya pesan cukup enak
lain2: Tersedia majalah dan koran, ada pemberitahuan ucapan selamat datang dan disebutkan masinis dan crew yg bertugas; ada pengumuman menjelang tiba di stasiun.

Nilai secara keseluruhan 7. Cenderung biasa saja untuk KA sekelas Argo :p

Adhitya Fajar said...

Dear Bpk. Probo Adikesumo,
Sebelumnya terima kasih saya ucapkan karena adanya foto-foto karya Bapak tentang dunia perkeretaapian Indonesia. Foto-foto tersebut sangat menolong mengetahui informasi perkeretaapian Indonesia. Saya kebetulan aktif menjadi kontributor di situs Wikipedia Indonesia (http://id.wikipedia.org/), yang merupakan suatu rintisan untuk membuat ensiklopedia 'online' bebas.

Melalui komentar ini, saya minta izin untuk dapat menggunakan foto-foto perkeretaapian yang telah Anda muat baik di situs proboadikesumo.blogspot.com untuk memperkaya artikel-artikel yang ada di situs Wikipedia. Alasan kenapa saya harus meminta izin dari Anda adalah karena kebijakan di Wikipedia mengenai hak cipta sangat ketat. Wikipedia sangat menghargai hal ini. Harap dimengerti bahwa situs ini sama sekali bersifat non-profit, tanpa ada tendensi ekonomi, dan benar-benar ditujukan sebagai sesuatu sumber informasi bebas bagi semua orang.
Jika Anda mengizinkan, yang akan dilakukan adalah, di semua foto yang diambil dari situs Anda akan diberi kredit '(c)Probo Adikesumo'.

Mohon dipertimbangkan.

Terima kasih sebelumnya,

Adhitya Fajar Prasetya

Probo Adi Kesumo said...

@Adhitya Fajar:
sblmnya mohon maaf komentar anda baru saya tampilkan, krn sblmnya komentar anda msk sbg spam.
Saya persilahkan kalo mau memakai foto2 saya. Foto2 KA saya yg lain dpt dilihat di flickr saya.