Tuesday, May 24, 2011

Perjalanan dengan KA Sancaka dan Rajawali

Kali ini saya mau berbagi pengalaman joyride tgl 19 Januari 2011, dari Jogja ke Surabaya dengan KA 84 Sancaka Pagi, lalu dari Surabaya ke Semarang dengan KA 49 Rajawali.

KA 84 Sancaka Pagi, Yogyakarta - Surabaya Gubeng

CC20145 KA Sancaka yg saya tumpangi

Dari Kos saya di Jalan Kaliurang Km 4,5 saya langsung bergegas ke Stasiun dengan menggunakan taksi. Pukul 7.05 saya tiba di Stasiun Tugu Yogyakarta. Langsung saya bergegas masuk kedalam, rangkaian KA Sancaka yg akan saya tumpangi siap di jalur 2, lalu saya masuk ke dalam K1-3. Sayang saya dapat gerbong yg tidak terlalu bagus, K1-66505 YK stripping satwa dgn kursi kulit bercorak coklat hijau. Sebelum berangkat, saya cek dulu loko apa yg akan narik KA yg saya tumpangi ini, yg buat saya terkejut adalah lokonya CC20145, haha mantap akhirnya saya naek KA ditarik si bader , semoga tidak terjadi apa2, karena loko ini terkenal keangkerannya sering menabrak :ngeri:.

stamformasi KA Sancaka saat itu: CC20145, BP, 3K1, KM2, 4K2
okupansi dari YK sekitar 50-60%

Tepat pukul 07.15 KA Sancaka diberangkatkan dari Stasiun Yogyakarta. KA Sancaka mulai tancap gas. Pukul 07.36 berhenti di stasiun Klaten untuk menaikan penumpang, setelah berhenti sebentar. kemudian melanjutkan perjalanan kembali. Pukul 08.04 sempat ditahan sinyal masuk stasiun Purwosari, ternyata silang dengan KA 7 Argo Lawu. Pukul 08.08 memasuki Stasiun Solo Balapan, cukup banyak yang naik dari sini, sebelah saya yg sebelumnya kosong, kini ditempati seorang bapak2.
setelah berhenti sekitar 10menitan, kemudian KA diberangkatkan kembali.

Pukul 08.50 sempat berhenti sebentar di stasiun Kedungbanteng. Pukul 09.30 berjalan langsung di Stasiun Barat bersilang dengan KA Pasundan. Pukul 09.40 berhenti di Stasiun Madiun, disini berhenti cukup lama sekitar 10 mnt, saya sempatkan untuk membeli 1 bungkus nasi pecel untuk makan pagi/siang. Tak berapa lama kemudian Masuk KA 83 Sancaka Pagi SGU-YK di jalur 1. Setelah KA 83 masuk, KA 84 yg saya tumpangi diberangkatkan kembali.

KA 84 meninggalkan Stasiun Madiun. Tak lupa saya menyantap nasi pecel yg tadi beli di stasiun MN. Pukul 09.55 berhenti di stasiun Babadan untuk bersilang dengan KA 5 Argo Wilis (SGU-BD). Setelah argo wilis lewat, KA 84 diberangkatkan lagi. Lepas stasiun Babadan saya disuguhi pemandangan hutan jati di Kabupaten Madiun.

Pukul 10.33 berhenti di Stasiun Nganjuk, berhenti hanya sebentar kira 3menit, lalu berangkat lagi. Pukul 10.54 berhenti di Stasiun Kertosono, 5 menit kemudian diberangkatkan kembali. Pukul 11.10 berhenti di Stasiun Jombang, bersilang dengan KA 157 Logawa, setelah Logawa masuk, KA 84 diberangkatkan kembali. Pukul 11.38 berhenti sebentar kira2 2 menit di Stasiun Mojokerto, lalu diberangkatkan kembali.

Pukul 12.10 berhenti di Stasiun Wonokromo, cukup banyak penumpang yg turun disini. Bersilang dgn KRD gak tau KRD apa, warnanya putih biru kyk doraemon, sayang gak sempet saya foto. Pukul 12.15 sampai di Stasiun Surabaya Gubeng. Hebat KA ini tepat waktu. Hampir semua penumpang turun disini. Setelah berhenti selama sekitar 5-7 mnt, kereta pun diberangkatkan. Pukul 12.25 tiba di pemberhentian terakhir Stasiun Surabaya Kota.

Berhubung SB-SBI tidak terlalu jauh maka saya putuskan untuk jalan kaki sambil menikmati panasnya kota Surabaya. Berjalan melewat Kantor Gubernur Jatim dan Tugu Pahlawan. Sekitar pukul 13.00 tibalah saya di Stasiun Surabaya Pasar Turi. Kemudian saya masuk ke dalam stasiun,
istirahat dulu di ruang tunggu, cukup nyaman jg ruang tunggunya, berAC, kursi empuk, dan ada TV.

Setelah beristirahat, saya masuk ke dalam peron,
disitu KA 49 sdh tersedia di jalur 2

KA 49 Rajawali, Surabaya Pasar Turi - Semarang Tawang

CC201100 KA Rajawali

KA 49 Rajawali stamformasi: CC201100, B, 1K2, KMP2, 4K1, BP

Kali ini saya memilih kelas Bisnis karena harganya lebih terjangkau ( K1 125rb, K2 70rb). Tepat pukul 14.00 KA 49 diberangkatkan. Disuguhi pemandangan pertambakan selama di petak Surabaya - Lamongan. Pukul 14.30 berjalan langsung di stasiun ... (gak tau stasiun apa, sebelum lamongan) silang dengan KRD Bojonegoro.

Pukul 15.00 berjalan langsung di Stasiun Babat silang dengan KA 1000an. Pukul 15.25 berhenti di Stasiun Bojonegoro, cuma sedikit yg naek, paling 5-10 orang, setelah berhenti selama 5 menit, KA 49 melanjutkan perjalanan kembali. Pukul 16.00 tiba di Stasiun Cepu, disini berhenti agak lama sekitar 10menit. kemudian KA 49 diberangkatkan kembali pukul 16.10. Pukul 16.50 berhenti sebentar di Stasiun Sulur. Pukul 17.00 berhenti di Stasiun Kradenan untuk bersilang dengan KA 2 Argo Bromo Anggrek. Setelah bersilang dengan KA 2, KA 49 diberangkatkan kembali.

Pukul 17.25 berhenti sebentar di Stasiun Gambringan (pdhal biasanya Ls), bertemu dengan KRDI langganan saya, Banyubiru Ekspress, biasanya saya yg berada di dalam Banyubiru tp sekarang saya yg berada di Rajawali. Pukul 17.55 berjalan langsung di Stasiun Tegowanu bersilang dengan Blora Jaya Ekspress. Pukul 18.03 berjalan langsung di Stasiun Brumbung bersilang dengan Pandanwangi.

Akhirnya Pukul 18.17 tiba di Stasiun Semarang Tawang disambut dengan Gambang Semarang. Hebat KA 49 kecepetan 3 menit dari gapeka.

Unknown said...

Itu yang ka sancaka bawa k3 ekonomi ac krd biru itu ka penataran ekspres sb kota malang kota lama

Travel Jogja ke Surabaya said...

Layanan Jasa Travel Jogja Surabaya Murah dan terpercaya juga keren , walaupun cetita diatas juga ok