Tuesday, May 24, 2011

Trip Report Harina Pagi

KA Harina Pagi (Semarang Tawang - Bandung)

8 April 2011

Pukul 07.10 saya tiba di Stasiun Tawang. Langsung saya masuk ke dalam, ternyata rangkaian KA Harina masih berada di jalur 3, dan baru akan dilangsir.

KA Harina sebelum dilangsir

Stamformasi: CC20160, 1K2 (aling2), 1K2, KMP2, 3K1, BP

Pukul 07.20 KA Harina dilangsir dari jalur 3 ke jalur 1. Setelah dilangsir ke jalur 1, saya bergegas menuju kereta. Kemudian saya masuk ke K1 saya yaitu K1-2 (K1-02533 SMC). saya liat K1 sebelah (K1-3 / K1-02538 SMC)) keren bgt interiornya. Berhubung banyak tempat duduk yang kosong, saya pindah ke K1-3, haha. Tapi sayangnya K1-3 gak ada meja di kursinya, sedangkan K1-2 ada mejanya.
Okupansi pada hari itu sangat sepi, paling hanya sekitar 40%

Interior K1-02533 SMC

Interior K1-02538 SMC

Sayang TVnya kecil, suaranya jg pelan

Pukul 07.37 kereta diberangkatkan, terlambat 7 menit. Perlahan meninggalkan Stasiun Tawang. berjalan perlahan melewati dipo lok SMC yg mengejutkan adalah ada KRDI Banyubiru yg sepertinya masih rusak.

KRDI Banyubiru

Memasuki Stasiun Semarang Poncol. KA Harina berjalan perlahan di jalur 2. Sepertinya saat itu stasiun poncol lg penuh, jalur 1 ada Kaligung bisnis, jalur 3 ada rangkaian Tawangjaya, jalur 4 ada KA Barang. Selepas Stasiun Poncol, KA Harina mulai ngebut. Pukul 07.50 LS stasiun Jerakah silang dengan KA Kaligung Mas. Pukul 08.03 berhenti sebentar di Stasiun Kaliwungu. Pukul 08.15 LS Stasiun Weleri silang dengan KA Barang. Selepas Weleri, saya disuguhi dengan pemandangan pantai.


Menyisiri pantai Plabuan

Pukul 08.55 LS Stasiun Batang silang dengan KA Barang. Pukul 09.05 berhenti Stasiun Pekalongan, hanya sedikit penumpang yg naek dari sini. Pukul 09.10 KA Harina melanjutkan perjalanan lagi. Pukul 09.20 LS Stasiun Sragi silang dengan KA Barang. Pukul 09.55 berhenti di Stasiun Tegal. Disini juga sedikit yang naik. Bersilang dengan Kaligung ekonomi.

KRDI Kaligung

Pukul 10.00 KA Harina diberangkatkan kembali dari Stasiun Tegal. Pukul 10.13 berhenti sebentar di Stasiun Brebes. Pukul 10.40 berhenti sebentar di Stasiun Losari. Pukul 10.50 berhenti di Stasiun Babakan untuk bersilang dengan KA 14 Argo Muria. Pukul 11.10 LS Stasiun Waruduwur bersilang dengan KA 118 Fajar Utama PSE-SMT.

Pukul 11.20 memasuki Stasiun Cirebon Prujakan, berjalan perlahan menyalip KA Barang.

KA Barang di Stasiun Cirebon Prujakan

Pukul 11.25 memasuki Stasiun Cirebon, bersilang dengan KA 10 Argo Dwipangga. Cukup banyak penumpang Harina yang naek turun disini. Berhubung berhenti lama, saya sempatkan dulu untuk memotret2 dulu.

KA 10 Argo Dwipangga (Jakarta Gambir - Solo Balapan)

KA Harina yang saya tumpangi

Di Jalur 3 ada KA 112 Sawunggalih Utama tujuan Kutoarjo

KA 162 Kutojaya Utara memasuki jalur 2

Setelah KA 162 Kutojaya Utara masuk, KA Harina diberangkatkan dari jalur 1. Selepas CN, berhubung saya lapar, saya memesan Nasi Rames.

Nasi Rames KA Harina, rasanya cukup enak

Petak CN-CKP berpapasan dengan banyak KA, karena double track, saya agak kesulitan melihat papasan dengan KA apa aja.

Pukul 13.20 berhenti di Stasiun Cikampek. Tak berapa lama kemudian masuk KA Ekonomi Lokal dari arah timur. Di Stasiun ini berhenti cukup lama karena lokomotif berpindah posisi, dari semula di ujung barat menjadi ujung timur, dari semula Shorthood menjadi Longhood. Disini juga para petugas memutar kursi, posisi kursi diubah arahnya, dari semula menghadap barat menjadi timur/selatan.

Stasiun Cikampek

Lokomotif berpindah posisi

Pukul 13.35 KA Harina diberangkatkan kembali. Pukul 14.00 berhenti di Stasiun Purwakarta berhenti sebentar, kmudian diberangkatkan kembali. Lepas Purwakarta mulai disuguhi pemandangan indah.


Pemandangan selepas PWK

Pukul 14.24 menyalip KA Lokal PWK-Cibatu di Stasiun Sukatani.

KA Lokal di Sukatani

Pukul 15.00 berhenti di Stasiun Sasaksaat. Berhenti cukup lama, ternyata bersilang dengan KA Serayu.

KA Serayu

Pukul 15.20 KA Harina kembali berhenti di Stasiun Cilame, kali ini bersilang dengan KA Argo Parahyangan yg membawa K1 Batik.

Stasiun Cilame

Pukul 15.43 berhenti di Stasiun Padalarang. Menyalip KRD Bandung Raya.

KRD Bandung Raya

Akhirnya tiba di Stasiun Bandung Pukul 16.05 (kecepetan 3 menit dari jadwal di tiket yaitu 16.08).

Stabling di Jalur 6

Stasiun Bandung

Selesai sudah trip dengan KA Harina pagi..
berikut penilaian saya terhadap KA ini:
Kondisi kereta (gerbong): AC dingin, pengharum ruangan berfungsi, meja masih ada di K1-02533, di K1-02538 tidak ada ; kursi masih baik, pintu otomatis tidak berfungsi, goncangan cukup keras, TV (tabung) menyala tp suara sangat pelan.
Toilet: bersih, wangi, air tersedia
Crew: KP ramah, prama/i ramah, polsuska galak (melarang berada di bordes), OTC cukup baik (rajin membersihkan kereta & toilet, membantu memutarkan kursi)
makanan: nasi rames yg saya pesan cukup enak
lain2: tidak tersedia majalah, tidak ada pengumuman menjelang tiba di stasiun

Secara keseluruhan cukup puas dengan KA ini, apalagi saya cuma dengan tiket promo 50rb, hehe
Kelebihan yg dimiliki KA ini adalah menawarkan pemandangan yg sangat indah mulai dari sawah, pantai, pegunungan, terowongan, jembatan.
Untuk Nilai saya beri nilai 8, sangat saya rekomendasikan.

4 comments:

Anonymous said...

thank you atas reportnya, jadi pengin coba nih, sebenarnya agak khawatir, karena biasanya by plane, tp sekarang jadi pengin coba, thank you bro

Probo Adi Kesumo said...

sama2..
jangan ragu untuk naek kereta api :D

Unknown said...

mau tanya, cara untuk mendapatkan tiket promo gmana ??

Probo Adi Kesumo said...

cara mendapatkan tiket promo tinggal pesan seperti tiket biasa tapi ngomong ke petugas loketnya apakah masih tersedia tiket promo atau tidak. Atau kalau saya biasanya pesan online via website PT KA.
Untuk mengecek ketersediaan tiket promo bisa di kereta-api.co.id, tiket.com, atau tiketkai.com